Kamis, 12 September 2013

Cara Membangun Rumah Berbahan Dasar Kayu

Cara Membangun Rumah Berbahan Dasar Kayu
Kayu menjadi salah satu bahan dasar untuk membangun rumah. Belakangan, memang ada beberapa bahan pengganti yang bisa digunakan untuk membangun rumah selain kayu. Namun, sudah menjadi ciri khas bagi rumah di Indonesia, penggunaan kayu menjadi hal yang wajib ada. Cara membangun rumah dengan menggunakan kayu juga sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara membangun rumah seperti biasanya.
Pernahkah anda membayangkan jika kayu dijadikan bahan utama dalam membangun rumah? Rumah anda otomatis akan didominasi oleh bahan dasar kayu, sementara bahan dasar lainnya menjadi pelengkap saja. Saat ini, tren penggunaan kayu sebagai salah satu bahan dasar mulai dilirik banyak orang. Salah satunya karena kenaikan harga kayu yang dari waktu ke waktu membuat nilai prestis kayu menjadi lebih tinggi.
Lalu, bagaimana cara membangun rumah dengan bahan dasar kayu? Biasanya ada dua tipe rumah kayu yang sering digunakan oleh orang Indonesia dalam membuat rumah kayu. Pertama, rumah kayu tradisional. Kedua, rumah kayu modern / modern wooden house. rumah kayu,rumah,tips rumah,tips jual beli rumah,tips jual beli rumah online,rumah kayu online,rumah kayu murah,harga rumah kayu,harga jual rumah kayu.

Tidak semua orang tertarik untuk membangun rumah dari kayu. Alasannya rumah kayu cepat bisa lapuk akibat usia ataupun dimakan rayap, beda dengan rumah beton yang kokoh dan kuat. Bila anda ingin membuat rumah kayu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dengan seksama:
  • Material yang baik, pilihlah material kayu yang baik sejak awal pembuatan. Kayu dengan kualitas baik menjamin keawetan rumah anda.
  • Cat melamin yang baik, bahan cat melamin yang baik menjamin warna dan serat alami kayu tetap terlihat alami dan baik. Hal itu tentu saja meningkatkan estetika dan keindahan rumah kayu yang akan ditempati.
  • Desain, tentu saja desain rumah anda harus baik dan tertata rapi. Desain rumah kayu sedikit lebih rumit dari rumah beton meskipun areal yang digunakan tidak terlalu luas. Namun hal ini perlu dilakukan agar konstruksi rumah sesuai dengan yang diinginkan, juga selaras dengan fungsi dan nilai estetika.
Membangun rumah dengan bahan dasar kayu memang terlihat lebih tradisional dibanding membangun rumah modern berbahan dasar material seperti batu bata dan semen. Namun, tingkat kesulitan dan nilai artistic yang dihasilkan juga bisa lebih tinggi dibanding rumah kebanyakan di Indonesia. Tertarik untuk membangun rumah dengan bahan dasar kayu?

1 komentar: