Rabu, 23 Oktober 2013

Keuntungan Menarik Over Kredit Rumah

Over kredit rumah kini dipandang sebagai salah satu solusi menghadapi naiknya bunga KPR saat ini. Karena hal ini dapat menurunkan tingginya bunga yang harus ditanggung. Tapi, perlu paham untung dan juga ruginya, karena banyak hal perlu dipertimbangkan sebelum melakukan over kredit rumah murah.

Keuntungan Menarik Over Kredit Rumah

Persyaratan kpr over kredit pada dasarnya adalah pemindahan pinjaman rumah yang sudah berjalan di sebuah bank ke bank lainnya yang dikehendaki. Apa sih istimewanya? Dengan menjadi pinjaman baru ditempat lain, tentu saja jelas jika bunga yang digunakan berubah mengikuti bunga tetap pinjaman baru yang lebih rendah jika dibandingkan bunga mengambang yang digunakan pinjaman berjalan yang sebenarnya mencekik.

Bunga tetap yang lebih rendah hanya bisa dinikmati dalam periode waktu tertentu saja, misalnya saja untuk 1 atau 2 tahun, dan paling lama 5 tahun. Setelah periode ini berakhir, maka Anda harus membayar cicilan mengikuti bunga mengambang yang lebih tinggi.

Ambil contoh kondisi saat ini. Misalnya saja mengenai pinjaman Anda sudah berjalan 3 tahun, maka ada cicilan kena bunga mengambang di kisaran 12% – an. Sementara, bunga tetap berada di kisaran 9 sd 10% per tahun.  Dengan memindahkan, Anda bisa menikmati kembali bunga tetap yang lebih rendah.

Tidak hanya itu. Dengan over kredit rumah murah, Anda jelas bisa mendapatkan tambahan dana dari pinjaman yang baru juga. Karena pihak Bank memberikan pinjaman baru yang lebih tinggi dari plafond pinjaman sebelumnya, hal ini tentu saja, selama nilai jaminan mendukung.

Dalam over kredit, jaminan akan di nilai ulang oleh bank yang baru juga. Mengingat selama ini nilai properti cenderung mengalami kenaikan, nilai jaminan setelah penilaian terbaru biasanya akan lebih tinggi nilainya. Cukup untuk mendapatkan plafond yang lebih besar juga.

Tentu saja, sebelum Anda akan menyetujui kenaikkan plafond, pihak dari bank juga akan memastikan apakah Anda memiliki kemampuan keuangan untuk membayar cicilan kredit yang lebih besar. Bagi bank, over kredit juga punya nilai plus. Debitur yang telah memiliki pinjaman tentunya punya track-record bagaimana pembayaran yang dilakukan. Track-record ini sangat disukai oleh bank karena menjadi bukti bagaimana karakter dan kemampuan bayar si debitur.

Itu sebabnya bank mendorong proses over kredit rumah terjadi. Selain itu iming-iming plafond lebih tinggi, bank juga akan menawarkan bunga yang lebih murah buat pinjaman over kredit dibandingkan misalnya pinjaman untuk pembelian rumah bekas.

Terdengar menarik bukan? Tapi tunggu dulu, jangan cepat gembira dulu, there’s no such a free lunch.
Paling tidak ada beberapa hal yang mesti jadi perhatian Anda, yaitu prosesnya dan biaya yang harus dibayar, dalam over kredit rumah murah.

0 komentar:

Posting Komentar